Dear, Pecinta (Tiket) Gratisan ...

on
Tuesday, August 13, 2013
fotonya punya @mandacn. lol
Paling males yah kalau udah deket-deket konser gede gini, pasti banyak banget yang tetiba nempel. Nempel untuk apa pemirsaaa? Untuk minta tiket konser gratisan.

Atuhlah ya, kenal juga ga, pernah ketemu juga ga, ujug-ujug mention di Twitter. "Bagi tiket konser xxx dong kak!" Efektif gitu ya nanya gitu ke orang ga dikenal? Atau bahkan nanya gitu ke orang yang dikenal? Ada gitu orang yang mau ngasih? Adik-adik saya aja kalau mau nonton konser pada nabung sendiri. Kalau uangnya kurang baru minta tambah ke ayah atau ke saya. Tapi kalau orang nggak dikenal kan jadinya too good to be true yah? IYAH.

Soalnya gini ya, meskipun saya (dulu) wartawan yang nonton semua konser KPop sepanjang tahun, percayalah, percayalah saya NGGAK PERNAH punya tiket gratisan. Soalnya dari promotornya juga nggak bagi-bagi tiket ke saya. Saya harus bagi apa ke kalian?

Iya kantor saya dapet tiket. Tapi itu pun nggak semudah promotornya ngasih tiket gitu aja. Ada prosedur namanya "media partner". Adek-adek yang buta banget soal media, media partner ini artinya kerja sama antara media dengan promotor. Media menjadi partner promotor. Media memberitakan, sebagai balasannya promotor memberi tiket komplimen.

Nah masalahnya, meskipun saya yang nulis berita, tiket komplimen itu jatuhnya bukan ke tangan saya. Karena proses media partner itu antara public relation (PR) promotor dengan bagian promosi (bukan bagian REDAKSI) kantor saya. Mereka nego-nego, saya di redaksi yang ngerjain berita dan liputan.

Udah gitu, tiket komplimen dari promotor juga nggak bisa dibagi-bagi karena memang seharusnya untuk dibuat kuis untuk pembaca. Pasti, tiket komplimen pasti dibikin kuis karena memang prosedurnya begitu, karena memang tugas bagian promosi ya kaya begitu.

Nah seterusnya saya liputan juga nggak pake tiket, tapi pake ID pers. ID pers ini JUGA NGGAK BISA dibagi-bagi karena dapetnya memang maksimal dua, satu reporter dan satu fotografer yang biasanya cuma bisa nonton sampai lagu ketiga. Nggak jarang malah cuma dapet satu kalau promotornya rempong dan agency artisnya pelit. Kecuali kalau konser sangat besar kaya SM Town atau Music Bank kemarin, yang liputan dua orang. Salah satu pakai tiket komplimen. Udah gitu aja. Masih mau minta tiket sama saya?

Tapi ya, karena saya udah sering banget dimintain tiket gitu, saya udah punya pertanyaan menjebak. Sejauh ini semuanya terjebak sih. Contoh soal:

Orang ga dikenal: "Kak, bagi tiket konser SNSD dong!"
Saya: "Emang ngefans banget?"
Orang ga dikenal (biasanya sudah terjebak dan bilang ngefans banget biar dikasih tiket sama saya *ngarep*): "Iya aku ngefans banget dari mereka debut. Aduuhh, pengen banget nonton kak jadinya!"
Saya: "Kalau ngefans banget BELI TIKET dong. Masa ngakunya fans tapi nggak mau beli tiket?"

HAHAHAHHAHAHAHA.

Nah tapi ya, ada juga sepersekian persen yang nggak terjebak. Tapi tenang, saya udah punya jawaban lain.

Orang ga dikenal: "Kak, bagi tiket konser SNSD dong!"
Saya: "Emang ngefans banget?"
Orang ga dikenal: "Nggak terlalu sih kak, penasaran aja"
Saya: "Ya udah ih sayang amat tiketnya, mending dikasih ke yang ngefans" (padahal nggak punya juga tiketnya)

HUAHAUHAUAHUAHUAHUAHA. Abisan sebel yah.

Gini deh, kalau fans beneran, pasti udah tahu ko jadwal idolnya tur. Ya perkirakan aja mereka mulai tur di Korea, beberapa bulan lagi pasti nyampe ke Indonesia ko. Nabung beberapa bulan masa nggak sanggup sampai tiket termurah aja? Nabung 5ribu sehari selama 4 bulan juga nyampe kali ah. Apalagi SNSD ya khususnya, harusnya udah nabung dong dari GG Tour tahun lalu. Tapi kan tahun lalu nggak ke sini, harusnya nabungnya jadi tambah banyak kan.

Jadi niatnya aja mungkin yang kurang. Kalau kurang niat, nggak usah jadi fans KPop idol.

Kalau emang nggak ada duit banget-bangetan, harus punya niat lain yaitu niat ikut kuis. Niat di sini bukannya ikutan sana-sini terus sekadar ikutan doang ya. Pernah kejadian itu, kuis konser apa gitu, caranya adalah komentar di berita. Pemenang dipilih secara random, tapi setelah kuis ditutup, bagian komentar (iya di kantor ada tim khusus moderasi komentar) laporan sama saya kalau ada orang yang komentar sebanyak DUA RIBU kali aja.

Dua ribu berapa gitu lupa tapi yang jelas dia aktif terus komentar seharian berhari-hari sampai kuis ditutup. Menang deh. Niat juga diperhitungkan dong ya.

Jadi ya itu, seberapa niat kamu nonton konser? Kalau niatnya kuat, nabung atau ikutan kuis pasti jalan ko. Kalau masih nggak bisa juga, pensiun aja yah. Jadi fansnya boyband/girlband Indonesia aja biar nonton idolnya bisa gratisan atau minimal 100ribuan. Sip?
2 comments on "Dear, Pecinta (Tiket) Gratisan ..."
  1. krn gw kerja part time di media (radio),pernah dapat tiket gretong tapi gak gw pake. Satu,pas Super Show 4, gak pergi krn belum ngefans. kedua pas Music Bank,gak jadi nonton krn ada tugas di kerjaan utama T T.Gw masih mikir,tenanglah masih ada Super Show 5.Ternyata sang promotor malah gk kerjasama ama radio gw. Akhirnya krn sdh keracunan SuJu, terpaksa beli tiket di hari H. Namanya juga ngefans, berkorban dikit lah.. tapi kalo ada gratisan kenapa gak? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau ada gratisan karena ada yang ngasih sih kenapa nggak. Tapi kalau sampai minta-minta di twitter itu yang bikin geli. Hahaha

      Delete