Tentang Woollim vs SM Entertainment

on
Saturday, August 10, 2013
Warning: Inspirits, fansnya Nell, dan fansnya Tasty baca dengan kepala jernih ya. Gw bukan SM stan atau Inspirit atau fans Nell dan Tasty, jadi ini bener-bener pandangan dari "orang luar" yang menanggapi berita Woollim vs SM. :)


Pernyataan 1: "Eh Jang Dong Gun sekarang under SM loh!"
Reaksi: "Aaaakkkk, keren banget!"

Pernyataan 2: "Eh Infinite sekarang under SM loh!"
Reaksi: "WTF SM serakah banget sih liat aja kalau nanti Infinite jadi berubah atau mereka disuruh operasi plastik. Ih apaan sih males banget absjdfjfuiodlfjoimgjdsgstsnosopdndh ... *ngomel* "

LOL. Same statement different reactions. Kenapa coba?

Padahal dua-duanya kasus yang sama. Meskipun ada di list SM Entertainment actors, Jang Dong Gun juga bukan under SM Entertainment, dia teken kontrak sama SM C&C juga kok. Agensi Infinite, Woollim juga teken kontrak sama SM C&C. Apa sih SM C&C?

SM C&C itu kependekan dari SM Culture & Contents. Anak perusahaan SM Entertainment yang fokus sama broadcast. SM C&C ini sebelumnya udah sukses narik Shin Dong Yup dan Kang Hodong. Mereka juga mengakuisisi AM Entertainment dan ngajak gabung nama-nama besar kaya Jang Dong Gun, Han Ji Min, dan Kim Ha Neul. Masih belum cukup juga, mereka akuisisi Hoon Media, rumah produksi di balik sukses '1 vs 100', 'Qualification of Men', dan 'Music Bank'! *nyontek dari wikipedia* lol

Nah, sekarang SM C&C mengakuisisi (iya iya, merger lol) Woollim Entertainment dan ganti namanya jadi Woollim Label, label independen yang beda dari SM Entertainment. Yang meresahkan, ini kali pertama SM C&C mengakuisisi agensi dengan idols. Sebelumnya kan aktor/MC/prod.house. Pembagian tugasnya katanya seperti ini:

"SM Entertainment will run Woollim Label's global music distribution and additional business while SM C&C will take charge of the label function"

Reaksi fans denger kalimat itu terbagi dua:
1. Fans negatif: "WTF SM! I hate you!" *nge-bash SM*
2. Fans positif: "Kenapa sih kalian ribet, ga bakal ada yang berubah ko dari Infinite. Mereka tetep under Woollim, SM cuma bantu distribusi internasional aja."

Yang mana yang bener? Ya kita ga tau juga sih sebenernya sampai nanti waktu yang akan menjawab. Tapi kalau menilik dari statement soal pembagian tugas SM, sepertinya yang pertama akan lebih mendekati kebenaran. :O

"SM Entertainment will run Woollim Label's global music distribution and additional business" ---> distribusi dan bisnis lain berskala internasional dipegang SM.

"SM C&C will take charge of the label function" ---> fungsi label akan dipegang oleh SM C&C.

YA TERUS WOOLLIM NGAPAIN ATUH?

Lagian itu kalimatnya menyesatkan. Ngerti ga pembagian tugas antara manajemen artis dan label? Manajemen artis ngatur waktu manggung/latian/liburan artis, label urus distribusi musik, dll. Di statement itu distribusi musik dan label dipisah. SM Ent ngurus distribusi musik, SM C&C ngurus label. Lah dua-duanya kerjaannya sama. My assumption is, SM want to do all.

Tapi mungkin mereka tau haters mereka banyak banget jadi ya kata-kata di statement-nya diperhalus dengan bilang "merger" dan "ada pembagian tugas". Plus dengan menyebut nama baru Woollim Label dan bukannya ditarik langsung under SM C&C kaya Jang Dong Gun.

Kejawab kan kenapa member Infinite emosional banget waktu ngasih statement soal merger ini? Karena untuk mereka pasti ada yang berubah. Meskipun fans mungkin tidak ikut merasakan secara langsung. Semacam pindah ke rumah yang lebih besar kemudian khawatir karena rumah itu terlalu luas, terlalu banyak ruang kosong yang perlu diisi, sementara mereka sendiri belum tahu akan diisi dengan apa, karena rumah itu bukan milik mereka sendiri. Things like that.

Soal kekhawatiran operasi plastik, Infinite jadi kejar setoran atau malah pemasukan mereka berkurang, ayo Inspirit berdoa aja jangan sampai kejadian. Karena dalam setiap akuisisi, yang membeli yang lebih punya power. Yang punya uang yang punya hak untuk minta lebih. Apalagi belum apa-apa udah nyebar itu poster tentang beli album EXO untuk fansign Infinite. Hahaha.

Setiap keputusan merger gini memang pasti ada keuntungan dan kerugiannya. Keuntungan, buat Infinite khususnya, mereka akan sangat terbantu dengan uang dan koneksi SM di dunia internasional. Pasti jadi lebih maju. Kerugiannya, yaaa gimana deh kerugian jadi artis SM, pasti udah pada tau semua kan. :p

Ini bukannya asal ngomong ya, gw pernah ada di posisi yang sama ketika kantor diakuisisi. Semua karyawan gelisah. Pengakuisisi dan CEO meyakinkan bahwa tidak akan ada yang berubah sedikitpun. Seperti Infinite, kami pun percaya sama uri CEO. Semua keputusan katanya akan tetap di tangan CEO. Emang sih ga ada yang berubah ... di tiga bulan pertama. MUAHAHAHAHAHAHAHA. Bulan-bulan berikutnya ya apapun yang diminta bos besar harus dituruti, bahkan yang paling ga masuk akal pun, gimana lagi wong dia yang gaji? Kalau udah gitu, CEO bisa apa? XD

Pertanyaan terakhir:
"Jadi Infinite bakal ikut konser SM Town ga sih, kak?"

Most likely sih ga. Karena SM Town itu untuk artis under SM Entertainment, Infinite under SM C&C. Udah beda perusahaan.

Gitu aja sih. Ga tau lagi mau nulis apa. Hahaha.

Bye!
11 comments on "Tentang Woollim vs SM Entertainment"
  1. Opening statement 1 & 2 is so damn true teh! As one of SM stans honestly aku sih welcome2 aja ke inpiniteu, yg bikin sebel adalah some of inspirit yg ngerasa inpiniteu ini dewa bgt yg tetiba join ke agency yg out of nowhere *hello...they're SM! please* . Kesannya DROP bgt gt join SM. Postingan AKP jg memicu fanwar bgt, yg mengesankan mereka sedih join SM dan hrs siap2 di-bully lahir bathin. Padahal imho, mereka secara langsung & gak langsung mereka bisa belajar & dpt advice dr TVXQ,Boa,SJ yg which is SM legends *it's priceless right? Soal adaptasi perpindahan rumah dr rumah kecil ke rumah yg sangat besar ini menurut aku ya ini salah satu rintangan yg hrs dilewatin sama inpiniteu utk bsa bigger and tambah solid lg. Thanks teh, kebingungan aku terjawab sudah soal keikutsertaan mereka di smtown concert. Aku sih alhamdulillah mereka ga ikutan, kesannya kok ya enak bgt tetiba join SMTown concert yg global-scale begitu., hehehe *brb kabur ke timbuktu*

    ReplyDelete
  2. merger perusahaan ini bukan yang pertama kalinya juga kok. J.Tune entertainmet (agensinya MBLAQ) juga udah di merged ama JYP entertainment di tahun 2010. tapi sampai sekarang JYP ga ikut campur soal pembuatan lagu dan video musik dsb. jadi menurut gw disini SM juga cuma bertindak sbg distributor infinite dkk aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. MBLAQ itu under J.Tune Camp, dari wikipedia:
      J. Tune Camp is a subsidiary to J. Tune Entertainment and is its own company. It is not part of J.Tune Entertainment and both MBLAQ & TWO X are not part of JYPE/J.Tune Entertainment.

      Delete
  3. member infinite engga juga emosional ttg merger SM C&C dengan woolim tapi member infinite emosional karena reaksi fans infinite yang terlalu berlebihan read this : http://www.allkpop.com/article/2013/08/infinite-members-shed-tears-while-talking-about-the-sm-cc-and-woollim-merger

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baca artikel itu. gimana sudut pandang kitanya aja.. hehehe..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. gk terlalu percaya sama allkpop sih..
      tapi ya emg pasti ada perubahan pada infinite,
      entah di anak tirikan (wooo idol sm yg lain udah ngerasa kayaknya) , entah berubah genre dll

      padahal udah bagus dengan genrenya yg sekrang.. -__-

      Delete
    4. Kata siapa SM bakal merubah genre Infinite?
      Jangan negthink dulu.
      Buktinya genre mereka ga berubah kok-.- malah skrg lebih terkenal dibanding sblm Woolim merger sama SM. Justru SM membantu pendistribusian mereka.

      Delete
  4. gaada yg berubah kok.. ttp punya ciri khas mereka yg dulu. 2014 malah makin maju:3 gk mempermasalahkn ini sejak dulu, sm lah woollim lah, yg jls mrka dr woollim udh. infinite ttp di woollim yg jls. mv aje logo woollim jls woollim. jelas sm ga bs nyentuh2 infinite :o #apaini emg cman mslh distribusinya dibantu ..ane vham:v ~kkk ;)

    ReplyDelete
  5. OMG,Infinite aku harap kalian akan selalu baik-baik saja.The best for you guys

    ReplyDelete
  6. OMG,Infinite aku harap kalian akan selalu baik-baik saja.The best for you guys

    ReplyDelete