Jadi Wartawan KPop Enak?

on
Wednesday, August 14, 2013
i am a journalist!

Beberapa teman saya yang punya media khusus KPop-KPop gitu selalu mengeluhkan sesuatu setiap mereka rekrutmen staf baru: mayoritas mau jadi staf karena mau nonton konser gratis.

Iya sih, logis sih, karena kalau jadi wartawan kan katanya ya bisa nonton konser terus. Tapi kalau stafnya banyak kan tetep harus gantian juga. Terus kerjaannya kan bukan cuma liputan konser doang. Nah pertanyaannya, banyak bener yang dadakan pengen jadi wartawan karena KPop, emang enak jadi wartawan?

Saya kuliah Jurusan Jurnalistik di Fikom Unpad. Dulu pas kuliah rasanya jadi wartawan berat bener. Tanggung jawabnya besar sekali. Nulis dan cari berita itu susah. Mati-matian jarang tidur demi ngerjain tugas yang kadang jumlahnya udah nggak logis banget deh.

Nah untung di saya, saya memang nggak mau jadi wartawan beneran yang ngurusi politik, ekonomi, kriminal, dsb. Mau jadi jurnalis karena pegang KPop. Udah gitu banyak yang iri:

"Enak banget sih kerjanya. Nonton konser terus."

atau

"Ih jadi wartawan seru banget ya kerjaannya. Kuliah jurnalistik juga ah!"

Kalau lihat nonton konsernya sih enak ya. Hampir semua konser sama tonton gratis plus bisa masuk press conference-nya. Tapi ada hal-hal yang nggak dilihat orang sebagai wartawan (khususnya di media online kantor saya dulu). Ini nih:

1. Piket Sabtu-Minggu dan libur-libur lainnya. Orang kantoran Sabtu-Minggu libur kan, jadi wartawan mah jangan harap. Tanggal merah aja gantian masuk. Apalagi di media tertentu, anak baru harus masuk pas HARI RAYA alias lebaran. Nggak dapet libur sama sekali. Terus ada piket pagi-malem di mana piket pagi itu masuk jam 7 dan piket malem itu pulang minimal jam 10, kalau banyak yang digarap, bisa sampai jam 12 malem. :S

2. Pas piket ngerjainnya nggak cuma KPop. Tapi nulis semua berita entertainment termasuk berita jambul Syahrini, Krisdayanti liburan, atau bikini Selena Gomez. IYA SEMUANYA, DI KANTOR SENDIRIAN.

3. Nggak libur sebulan. Hohohoho. Libur Sabtu-Minggu udah berkah banget kan ya. Apes kalau lagi nggak piket tapi Sabtu-Minggunya ada konser. Ya masuk seperti biasa. Liburnya bisa diganti hari lain? YOU WISH. NGGAK BISA. XD Saya pernah itu sebulan konser terus, ya sebulan nggak libur. Bulan depannya langsung sakit. XD

4. Liputan itu capek. Capek banget. Konser malem, stand by dari pagi/siang. Preskon biasanya nunggu sejam sampai dua jam demi artis yang cuma bisa ketemu maksimal setengah jam. Abis itu nonton konser sambil ngetik berita. Makanya ni di kalangan anak-anak media, kalau konser biasanya udah prepare panadol atau tolak angin daripada nonton sambil pusing karena kecapean. Besoknya nggak bisa bangun siang karena misalnya artisnya minta interview jam 10 pagi. Ya gitu. Saya pernah nonton konser sambil menggigil pakai jaket saking teparnya. Nonton dikasih festival pun akhirnya duduk di bawah. T____T

5. Liputan ke luar negeri itu capeknya dobel. Pergi pagi, langsung ke venue konser, nonton, bikin berita, kirim berita, balik ke hotel, buka laptop, pilih foto, kirim foto, tidur, besoknya kembali ke Jakarta. *yawn*

6. Nonton konser nggak konsen. Karena harus merhatiin setiap detail sambil ngetik berita. Makanya kalau ngefans saya nggak mau liputan, kasih ID ke reporter lain yang liputan, saya nonton beli tiket sendiri.

7. Stand by 24 jam. Jam 12 malem ada berita penting, ya dibikin beritanya. Harus siap sedia ditelepon bos jam berapapun.

8. Liputan konser artis yang nggak saya kenal. Bahkan nggak hafal nama+muka membernya, lagunya cuma tau satu. Tapi ya tetep harus dateng, nonton, dan nulis. Effortnya besar karena harus sambil googling-googling di tengah ke-nggak-ada-sinyal-an di venue konser.

Nah itu di antaranya. Tapi karena saya pribadi seneng nulis, jadi capek-capek itu dinikmatin aja. Anggap aja sebagai bayaran yang setimpal bisa ketemu KPop idol. Tapi menurut saya, kalau niat awalnya pengen jadi wartawan karena ingin nonton konser gratis sih pada nggak bakal sanggup deh. Konser kan nggak sesering itu juga. Belum lagi badan yang biasanya nggak bisa kompromi, sakit deh. :(

Jadi buat yang dadakan pengen jadi wartawan. Pikir ulang. Jangan cuma mikir enak-enaknya aja tapi harus siap sama semua konsekuensinya. Gimana? Masih mau jadi wartawan?

Atau malah jadi semangat? *fail* lol
9 comments on "Jadi Wartawan KPop Enak?"
  1. Dulu wkt masih kecil cita2 aku mau jd wartawan nerusin karir keluarga. Sayang kuliahnya salah jurusan hehehe...
    Tp bersyukur sih ga bakal ngalamin yg namanya "no holiday" . Nice post kak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah kuliah jurnalistik karena liat ayah yang dulu wartawan juga. taunya repot. hahahaha

      Delete
  2. Point no 2 ngakak bgt kak mau gak mau nulis berita jambul syahrini͵ krisdayanti libutan wtf wlwpun gw anak teknik gw tau kalo jurnalis jg enek bgt pasti nulis berita gitu Lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahhaa. tapi kadang nulis berita gitu terbayar dengan orang maki-maki beritanya. XD lucu aja jadinya, why so serious. XD

      Delete
  3. wah... aku pengen tuh jadi wartawan.. tapi apa daya,, sama kaya komen diatas.. salah jurusan.. kkk~
    suka banget sama sharingnya kak.. :D
    iyasih, aku waktu di UKM kampus pernah ada kunjungan ke salah satu kantor koran lokal, dan ya gitu wartawan2nya nyeritain gimana susah senangnya jd jurnalis. apalagi yg di bagian berita kriminal, staynya dimana??? di kantor polisi aja tiap hari.. kkk.../sabar ya pak/

    tapi ngelakuin pekerjaan apapun tapi dg hati yg ikhlas mah apa aja jadi dibawa seneng.. /curcol/

    fighting kak... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya jadi jurnalis dari jurusan apa aja bisa sih, kan ada trainingnya dulu. banyak ko yang dulunya kuliah teknik. :)

      oya kalau yang bagian kriminal siap-siap 24 jam dikabarin polisi ada pembunuhan, mayat, dsb. hiiii. *cemen* hahaha

      Delete
  4. Aku jg skrg lagi kuliah komunikasi di semarang. Nah bentar lagi kan mau magang, pengennya sih di jakarta. Nah ada rekomendasi gak tempat magang mana yang asik, btw aku jg suka kpop dan suka nulis ☺

    ReplyDelete