Masih Tentang AllKPop yang Belum Juga Ditinggalkan :)

on
Wednesday, November 13, 2013
AHA! :))))))
Ternyata akal permasalahan dari semua kasus Ailee itu (baca lengkapnya di Part 1 dan Part 2) karena orang yang berharap terlalu banyak sama AllKpop. Kenapa?

Orang berharap portal berita sebesar AllKPop bisa menyediakan berita yang reliable dan mengusung asas-asas jurnalisme. Terus waktu tiba-tiba memberitakan hal yang super negatif tentang idola kita, langsung ngerasa dikhianati. Padahal kalau berharap seperti itu, kalian yang salah.

Orang mengakui AllKPop cepet beritanya. Nah itu, orang butuh yang cepet dulu, mau bener apa nggak, bodo amat, yang penting tau dulu. Ketika udah tahu, orang baru lanjut ke tahap berikutnya, mencari kebenaran. Sekarang AllKPop juga sering pake [RUMOR] ko untuk berita yang masih harus dipertanyakan kebenarannya.

Soal AllKPop suka pake opini. Emang kenapa kalau pake opini? Mereka bukan CNN atau kantor berita yang memang HARUS mengedepankan asas-asas jurnalisme. Memang gaya mereka kaya gitu. Kalau versi Hollywood boleh lihat dailymail.co.uk yang suka kasih opini di judul. Atau TMZ.com yang super nyeleneh. Bisa dicek semua berita TMZ satu atau dua paragraf terakhir isinya nyindir artisnya. Dan itu seru (buat orang-orang berkepala dingin dan berpikir logis wtf). Dan itu gaya mereka. Fair ko.

Nih contoh berita TMZ, judulnya BREAKS JAW IN "BIZZARE" ACCIDENT

Zac Efron broke his jaw. His jaw is wired shut. It supposedly happened when he slipped in a puddle of water at his home. That's Zac's story. 
Zac has been in rehab twice this year for cocaine abuse. He also had been dabbling in Molly. 
In addition to the broken jaw, Zac apparently also suffered a big ol' gash that had to be closed with stitches. 
Maybe it's true, but it's a very weird story ... slipping and breaking your jaw in a puddle of water.
We're told Zac -- who has been a hard partier for years -- has been struggling to stay clean. 
Yang di-bold itu isinya opini dan nyindir Zac ngebohong soal jatuhnya. Hampir semua berita TMZ kaya gini. Jadi berita dengan opini sindiran itu umum. Baca lebih banyak berita di media-media lain deh, taunya AllKPop, Soompi, Daily KPop News, doang aja langsung ngasih kritik orang harus nulis berita dengan benar. -_____-

Dan satu hal ya, AllKPop masih dianggap sebagai blog loh! Ini dari artikelnya Time:
It's working: allkpop.com, an English-language, U.S.-based Korean pop blog that caters to international fans, generates more Web traffic than any Korean music portals in South Korea. (source)
Ini dari Mashable:
AllKPop is one of the top destinations for the latest Korean pop culture news and gossip. Launched in 2007, the site has leveraged social media to reach more than 3 million monthly readers and is the most trafficked English language Korean pop blog in the world. (source)
Ini dari wikipedia:
Allkpop (stylized as allkpop) is an English-language, U.S.-based Korean pop blog[2] launched on October 30, 2007 and based out of Edgewater, NJ. (source)
Kemarin ada yang komentar di postingan saya sebelumnya, katanya udah banyak yang sakit hati karena AllKPop nyelekit banget nulis artikelnya sejak tahun 2008. BOK, DISAKITIN 5 TAHUN MASIH AJA TAHAN. Susah move on amat. Tinggalin lah. Bukannya ninggalin, ini malah bikin galeri foto di flickr isinya daftar hal-hal yang bikin sakit hati. :)))))))) Kalau itu mantan yah, putusnya udah dari 5 tahun lalu, mantannya udah jadi CEO World Bank, eh kita masih misah-misuh nyari kesalahan dan stalkingin dia berharap dia bisa dipecat dari jabatannya sekarang. :)))))) Move on atuh. Nggak usah baca artikel yang bikin sakit hati. Kan gampang. Informasi apa yang kita mau baca kan kita yang saring.

*astagfirullah kenapa bawa-bawa CEO World Bank, maaf ibu Sri Mulyani* -_____-

Kalau kalian masih kesel sama AllKPop tapi masih tetep baca (sambil sakit hati) artinya mereka nggak punya saingan. Mereka masih sumber berita satu-satunya, buktinya baca sambil sakit hati aja rela. Jadi bukan AllKPopnya yang harus berubah tapi pola kalian dalam memilih bacaan. Kalau nggak sanggup biasnya disindir, ya jangan baca artikel apapun dari mereka.

Terus setelah kehebohan Unfollow AllKPop itu Twitter mereka masih difollow 1,2 juta orang lebih. Berkurang mungkin, tapi nggak sampai 10%-nya pun! Artinya kalian yang heboh mau blok AllKPop itu sibuk sendiri, dunia luar nggak peduli. Jay Park unfollow, Tablo marah-marah, buktinya followersnya masih banyak. :)))))

Jurnalisme juga mengenal jurnalisme damai. Jurnalisme damai biasanya buat berita perang sih tapi fans KPop kurang perang apa ya kan. -______- Isi media dengan jurnalisme damai beritanya "mendamaikan" semua. Ya hasilnya Soompi, followersnya di Twitter 200ribu aja. Bahasa yang dipake aja baik-baik banget, pemilihan kata-katanya disesuaikan biar bikin so-called-kpop-fans nggak ngambek dan tidak menimbulkan konflik serta peperangan. TAPI SEJUTA YAH BEDANYA.

Kalau AllKPop pakai jurnalisme perang selayaknya infotainment. Kurang suka yang damai-damai. Dan isinya ada sindir-sindirannya. Kaya waktu kasus Hwayoung dan T-ara, mereka bilang di akhir artikel kalimat semacam: "let's prepare our popcorn" atau "we heard that pop corn sold everywhere in that country" ya kalimat semacam itu. Pokonya maunya nulis berita sensasional terus.

Bebas. Terserah sebuah media mau menganut yang mana. Freedom of the press. Kalau kalian minta mereka memilih berita mana yang layak atau nggak layak, itu namanya sensor. Pemerintah aja nggak boleh sensor, lah masa kalian yang cuma pembaca mau sensor? :))))))))))

Kenapa meskipun banyak haters, AllKPop masih bertahan? Karena orang suka sensasi. Lagian kan kata orang, belum sukses kalau belum punya haters. Mau nggak mau, suka nggak suka, mau maki-maki atau gimana, berita sensasional itu disukai. Ngaku ajalah. Misal dikasih link di AllKPop member EXO ciuman sama siapa gitu mantan pacarnya yang ternyata sekarang member SNSD. Pasti buka kan? Nggak heran infotainment laku banget dan paparazzi rela mati-matian cari foto demi memuaskan hasrat orang-orang yang haus akan sensasi.

Intinya kembali pada diri masing-masing. Mau membaca artikel seperti apa dan mau jadi pembaca yang seperti apa. Sip!
5 comments on "Masih Tentang AllKPop yang Belum Juga Ditinggalkan :)"
  1. Jadi tadi ceritanya barusan aja habis baca sebuah tulisan dari komentator spakbola yang kebetulan gue suka. di sebuah artikelnya yang berjudul "Kenapa Orang Benci Pengamat/Komentator/Penulis Sepakbola?" ada kalimat yang sebenernya nyentil banget kalo dikaitkan sama kasus ini

    "Roland Barthes mengatakan dalam essaynya yang termashyur bahwa 'pengarang telah mati' karena pembaca bebas untuk memperlakukan tulisan yang mereka baca dengan seenaknya. Tidak perlu memandang identitas dan latar belakang si pengarang untuk mengintepretasikan sebuah karya tulis.

    Saya rasa hal tersebut serupa sebangun dalam konteks kepenulisan topik sepakbola. Semua orang bebas untuk sok tahu menulis soal apa pun yang mereka inginkan mengenai sepakbola, tapi di saat yang bersamaan, pembaca juga bebas untuk sok tahu mengomentari dan mengkritik tulisan tersebut. Pembaca bebas untuk memberikan interpretasi terhadap sebuah tulisan sepakbola. Mereka punya hak. Penulis berjasa untuk membuat tulisan tersebut, tapi mereka tak perlu terlalu diambil pusing karena seperti kata Barthes, mereka sudah mati sewaktu anda membaca tulisan tersebut."

    Jadi ya emang udah pekerjaan dan hak nya para penulis untuk menuliskan sebuah berita yang punya nilai jual seperti berita foto Ailee ini. dan pembaca juga bebas berkomentar. Tapi yang harus kita sadari adalah semua punya porsi nya masing-masing. Santai aja lah, kalo memang Ailee tidak bersalah cukup buktikan saja kepada khalayak ramai bahwa "gak usah inget skandal foto gue tapi ingat gue sebagai penyanyi yang bertalenta".

    Pernyataan diatas bukan berarti saya pro allkpop nih (saya juga gak follow mereka kok) tapi sama kayak icha yang berusaha ngajak orang berfikir dari sudut pandang yang lebih luas hehe.

    BTW, ini dari detikhot baru nerbitin berita kalau foto bugil ailee udah beredar sejak 3 bulan lalu di tumblr >> http://hot.detik.com/music/read/2013/11/13/151706/2411987/1180/foto-bugil-ailee-sudah-tersebar-3-bulan-lalu-di-tumblr

    Jadi mari kita jajan mie rebus, mumpung hujan hih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya komentar mah boleh banget. aku tergelitik untuk nulis panjang lebar *halah* setelah orang lebay nyerang allkpop di twitter sampai ngajak unfollow massal. hahahha..

      anyway, nice comment. thank you! :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. oh ternyata per part gini ya? berarti gak berubah :x

    baru tau ternyata allkpop dianggap blog ya sama time dikirain wikipedia doang. tp johnny sampe sekarang desperate abis ngotot nyebut akp news site lol.

    tulisan tmz yang itu masih nyindir halus. selama gak pake kata "bullshit". nyuruh si zac mati biar masalah kelar. jangan lupa embed video zac punya orang tanpa izin. nyebut fansnya "bitches". menolak koreksi dll. haha

    oiya, blog sih mana bisa kena sensor pemerintah. dituntut bisa. salah satu fungsi blog kan mendapat feedback dari komentar. ada yg suka dan gak suka. sah sah aja sih (kecuali pemilik blognya butthurt terus delete komentarnya). tapi orang udah percaya banget sama allkpop kali ya sampe.twitternya verified. kalo dari awal ngaku blog kan gak gini ceritanya. asianjunkies sama antikpopfangirl aja tenang2 aja walau bahasanya 100x lebih nyelekit. tapi followernya dikit :((

    untung gak pernah buka allkpop kalo urusan idol sendiri. karena pasti udah tau duluan. kalo idol orang sih baca tweetnya udah cukup gak usah buka webnya.

    tau tuh abg. move on susah banget bisa sampe bertahun2 kalo udah nusuk hati lol (kalo kata seseorang sih "idoling pake hati"). apalagi tanpa kata maaf dan masih aja diulang2 <\\3. untung gw udah lewatin masa itu \o/

    wah media lain gimana nih? kalo sering baca trubus sama natgeo wild boleh komen gak?

    masih sabar nunggu keruntuhan allkpop nih *prepare popcorn*

    ReplyDelete
  4. Thankyou ...
    Dengan kasusnya ailee , aku jadi makin nambah ilmu..
    Di twitter baca opini dari sudut pandang kpopers
    Disini baca sudut pandang jurnalisme..

    Dan emang bener.. se tidaksukanya sama isi akp, tetep aja dibaca (aku contohnya :D)
    Awalnya sih liat judulnya tapi baca juga kan akhirnya. Dan 80% lebih tertarik baca komen komen pembacanya drpd isi beritanya. LOL

    Tapi kok akhir2 ini brita kasusnya gak ada lagi ya.. padahal uda siapin kacang nih. Hahahahaha

    ReplyDelete